Abstract
Kualitas pelayanan akademik yang dapat memenuhi keinginan dan harapan mahasiswa berdasarkan kinerja pelayanan sebagai wujud kepuasan mahasiswa Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kualitas pelayanan pada sistem informasi akademik Universitas Sjakhyakirti menggunakan metode WebQual 4.0. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai, mahasiswa, dan dosen di Universitas Sjakhyakirti Palembang dengan jumlah 1990. Pengambilan teknik purposive sampling didapatkan sebanyak 500 sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara langsung yaitu dengan cara survei langsung menggunakan google form (online) dengan pengukuran variabel skala likert. Berdasarkan hasil output pada uji normalitas metode webqual pada Sistem Informasi Akademik bahwa data menyebar disekitar garis diagonal serta pernyebaranya mengikuti kemana arah garis diagonal, maka data tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Hasil pada Sistem Informasi Akademik menggunakan metode webqual diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh Usability (X1), variabel Information Quality (X2), Service Interaction Quality (X3), secara bersama-sama teradap dan kualitas pelayanan (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan niai Fhitung 486,770 > Ftabel 2,62, sehingga dapat disimpulkan berarti terdapat hubungan Usability (X1), variabel Information Quality (X2), Service Interaction Quality (X3), secara bersama-sama teradap dan kualitas pelayanan (Y). Berdasarkan output RSquare sebesar 0,746, hal ini menggandung arti bahwa pengaruh variabel Usability (X1), variabel Information Quality (X2), Service Interaction Quality (X3), secara bersama-sama teradap dan kualitas pelayanan (Y). Kata kunci: Webqul 4.0, Tam, Sistem Informasi akademik
References
Nasib, Syaifulllah, Martin, Rifda Daulay Zulia. (2021). Konsep Kualitas Pelayanan Harga dan
Citra Kampus Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa, Surabaya, Global Aksara Pres.
Ary, M. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) dan Webqual untuk Analisis
Implementasi Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Mahasiswa Baru (SIM-PMB).
Jurnal Tekno Insentif, 15(1), 41–53. https://doi.org/10.36787/jti.v15i1.403
Indahyanti et al. (2021). Model Webqual dan PLS Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna Website
PMB UMSIDA. 6(28), 71–76.
Sugihartono, T., Rian, R., & Putra, C. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan
Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik. Satin, Vol. 06,No(2020), 96–
https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.651
.